Sabtu, 01 Juli 2023

Manfaat Berenang

Berenang memiliki peranan penting bagi kesehatan, dan juga memiliki manfaat yang bagi tubuh.Berenang adalah jenis olah raga air yang banyak dilakukan hanya sebagai kegiatan hobi yang menyenangkan, dan salah satu manfaatnya dari olahraga ini yaitu badan yang telihat tinggi. Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan dan juga sudah menjadi sarana rekreasi bagi keluarga.

Berenang untuk sarana rekreasi ini memang dilakukan di tempat cukup luas yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan. Hal itu merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan olahraga renang pada anak-anak lewat permainan.

Dan berikut adalah beberapa manfaat berenang bagi kesehatan:
1. Melatih Pernafasan
Berenang dapat melatih pernafasan dengan baik. Olahraga air ini membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang. Gerakan pada olahraga air ini meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh, berenang secara teratur dapat mengalirkan darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk memberikan pernafasan lebih panjang.

2. Meninggikan Badan
Selain basket, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk membuat badan lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya.

3. Sehat Untuk Jantung
Berenang dapat juga untuk membantu kesehatan jantung dan memperoleh kesehatan alami serta meningkatkan sistem pernafasan tubuh anda. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sehat bagi jantung.

4. Bentuk tubuh ideal
Jika ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal mungkin perlu mempertimbangkan untuk rutin berenang. Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh yang ideal terutama Bisep. Bisep adalah dua otot di bagian dalam lengan atas yang membantu untuk menekuk siku (kebalikan dengan trisep, otot-otot di bagian luar lengan yang merentangkan siku). Bisep juga membantu memutar lengan dan menjaga bahu tetap stabil. Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

5. Meredakan stress
Banyaknya gerakan dalam air ini mampu meningkatkan hormon endorphin (Hormon Endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Endorfin memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia )
dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

6. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Olahraga renang memang menyehatkan dan juga memberikan dampak terhadap kebugaran. Berenang adalah aeriobik air yang jika dilakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama pada kecepatan yang konstan, akan membantu meningkatkan kebugaran, merangsang metabolisme dan membakar lemak tubuh. Sama seperti melakukan senam aerobic.

7. Meredakan radang sendi
Latihan berenang bisa mengurangi masalah yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik dalam berenang baik dapat memperkuat otot otot sehingga lebih kencang.

8. Menurunkan Berat Badan
Olahraga ini juga paling efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh, dengan rutin berenang maka anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Setidaknya telah banyak masyarakat dan individu yang memanfaatkan berenang untuk menurunkan berat badan dalam tubuhnya dan hasilnya sangat efektif.

9. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes
Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah agar anda terbebas dari diabetes.

10. Usia Lebih Panjang
Jika ingin mendapatkan usia yang lebih panjang dan sehat, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga renang secara rutin. Renang dari berbagai studi yang telah dilakukan diyakini dapat membantu dalam meningkatkan usia agar lebih panjang dan tetap bugar di hari tua.

Berikut beberapa manfaat berenang secara umum, namun ada berbagai manfaat lagi secara khusus yang dapat kita peroleh dari berenang.

Manfaat berenang untuk Bayi antara lain :
  1.  Membantu perkembangan motorik bayi
  2. Membantu perkembangan syaraf
  3. Membantu proses pertumbuhan
  4. Meningkatkan sistem imun
  5. Membantu keberanian bayi
  6. Agar tidak mudah terkejut
  7. Agar tidak rewel saat mandi
  8. Membantu adaptasi bayi di tempat lain

Manfaat Bagi Wanita :

  1. Menjaga tubuh ideal
  2. Menjaga bentuk tubuh setelah hamil
  3. Mengencangkan otot-otot
  4. Mengencangkan g-spot
  5. Detoksifikasi racun di dalam tubuh
  6. Menghilangkan stres

Manfaat Bagi Wanita Hamil :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Tidur lebih nyenyak
  3. Menghindari stres
  4. Mencegah prematur
  5. Membantu proses persalinan
  6. Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul
  7. Memperkuat paru paru
  8. Memperkuat jantung

Manfaat Bagi Orang Tua :

  1. Menjaga tulang agar tetap sehat
  2. Menjaga agar tidak pikun
  3. Mencegah stroke
  4. Menjaga fungsi jantung dan paru paru
  5. Membuat tubuh rileks
  6. Mencegah kematian mendadak
  7. Agar tidak mudah terserang penyakit

Untuk pemulihan penyakit:

  1. Renang efektif juga diterapkan untuk stroke ringan
  2. Efektif untuk cidera ringan
  3. Efektif melatih jantung lemah
  4. Efektif melatih paru paru agar lebih kuat
  5. Membantu memperkuat pernafasan


Tips Berenang

Jika anda ingin berenang pastikan anda melakukan terlebih dahulu antara lain :

  • Lakukan pemanasan 10-15 menit
  • Jika di kolam umum, bilas anggota tubuh setelah selesai berenang
  • Selain bilas, sebaiknya mandi dengan sabun dan air bersih pada saat selesai berenang.

0 komentar:

Posting Komentar